Begini Cara Registrasi Kartu Telkomsel Dengan Mudah

Nuraini

Sebagai salah satu provider komunikasi yang populer di Indonesia, tak heran jika banyak yang menggunakan kartu ini sebagai kartu sim.

Mulai dari jaringannya yang tersebar luas, kualitas jaringan yang sudah 4G, berbagai promo menarik untuk penggunanya serta banyaknya variasi kartu yang ditawarkan. Mulai dari kartuHalo, simPATI, Kartu As, Loop dan yang terbaru by.U.

Apakah kamu termasuk yang baru ganti simcard ke telkomsel atau pengguna baru Telkomsel tapi belum tahu cara registrasi kartu Telkomsel?

Tenang, ada banyak cara registrasi kartu Telkomsel yang bisa kamu pilih. Registrasi nomor kartu SIM merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan ya.

Hal ini mengacu pada Peraturan Menkominfo No. 12/2016 dimana pemerintah mewajibkan semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu sim untuk melakukan registrasi dengan menyertakan nomor NIK dan nomor KK.

Peraturan ini diberlakukan untuk meningkatkan keamanan pengguna dan menghentikan penyalahgunaan data. Jika tidak melakukan registrasi sesuai peraturan, maka kartu kamu akan diblokir tidak bisa dipakai untuk melakukan panggilan, kirim SMS hingga internetan. Waduh!

Berbagai Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Dengan melakukan registrasi kartu Telkomsel, kamu akan terhindar dari oknum yang bisa saja melakukan penyalahgunaan data dan hal lain yang bisa merugikan konsumen.

Registrasi kartu Telkomsel juga akan memudahkan kamu untuk memperoleh informasi mengenai layanan konsumen terbaru dan yang terpenting,menjaga keamanan identitas konsumen serta mengamankan transaksi nontunai seperti sms/internet banking.

Jadi agar kamu aman dalam menggunakan kartu SIM Telkomsel, berikut cara registrasi kartu Telkomsel yang bisa kamu lakukan.

1. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui SMS

Bisa dikatakan jika cara registrasi kartu Telkomsel melalui SMS ini adalah cara registrasi kartu sim yang paling mudah dan sederhana.

Selain itu cara ini juga bebas biaya dan cepat. Jika kamu pengguna baru, cara registrasi kartu Telkomsel dengan SMS adalah sebagai berikut:

  • Buat pesan baru dengan format REG NIK#Nomor KK#
  • Lalu kirim ke 4444

Jika kamu pengguna lama dan belum registrasi nomor kamu, maka cara registrasi kartu Telkomsel yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Buat pesan baru dengan isi pesan ULANG NIK#Nomor KK#
  • Lalu kirim ke 4444

2. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui Kode USSD

Cara registrasi yang satu ini mulai tersedia sejak 8 Februari 2018 dan bisa dilakukan lewat hp kamu. Caranya pun sangat mudah!

  • Ketikkan kode *4444# melalui handphone kamu dan tekan tombol ‘Panggil’
  • Akan muncul 3 pilihan; Registrasi, Cek Status Registrasi dan UNREG. Pilih poin 1
  • Kamu akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan
  • Lalu ikuti terus instruksi yang diberikan
  • Jika sukses, maka kamu akan menerima SMS bukti sukses registrasi
  • Selesai.

3. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui GraPARI

Jika nomor Telkomsel ini merupakan nomor ke-empat yang kamu miliki, maka untuk registrasinya bisa langsung ke GraPARI terdekat. Kenapa?

Hal ini karena registrasi langsung oleh pengguna hanya diperbolehkan untuk memiliki 3 nomor per penyelenggara jasa telekomunikasi. Sedangkan untuk yang ke-4 dan seterusnya hanya bisa dilakukan di GraPARI maupun gerai milik mitra.

Caranya pun mudah.

Kamu hanya perlu mengunjungi GraPARI terdekat di lokasi kamu, lalu petugas di sana akan membantu kamu melakukan registrasi nomor Telkomsel yang dimiliki. Namun ingat untuk tetap membawa KTP dan Kartu Keluarga untuk keperluan verifikasi ya.

4. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Khusus Kartu by.U

Karena by.U merupakan produk digital keluaran Telkomsel, ada sedikit perbedaan saat ingin registrasi kartu sim ini.

Kamu tetap harus mencantumkan KTP dan juga KK namun semua proses dilakukan secara online. Berikut langkah-langkah registrasi kartu by.U yang harus kamu tahu.

  • Masukkan sim card by.U ke handphone kamu
  • Pastikan kalau internet handphone kamu sudah terhubung dengan jaringan by.U
  • Download dan instal aplikasi by.U di Google Play ataupun App Store.
  • Buka aplikasinya, lalu pilih “Aktifkan Sim Card”
  • Masukkan NIK dan nomor KK
  • Registrasi kartu by.U kamu telah berhasil dan kamu bisa langsung menggunakan seluruh layanan yang disediakan oleh by.U
Baca Juga : 7 Rekomendasi Launcher Android Terbaik 2020

Cara Cek Nomor Prabayar Telkomsel yang Sukses Terdaftar

Pemerintah mewajibkan kepada semua calon pelanggan baru dan lama kartu prabayar semua provider, termasuk Telkomsel, untuk segera melakukan registrasi . Hal ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen dari penyalahgunaan data dan hal-hal lain yang bisa merugikan konsumen.

Sebelum registrasi kartu SIM prabayar, pastikan kamu sudah mencatat nomor NIK dan KK yang terdiri dari 16 digit sudah terdaftar di Dukcapil. Jika belum memiliki KTP elektronik, pelanggan tetap bisa melakukan registrasi dengan menggunakan NIK yang terdapat di dalam KK.

Ada tiga cara yang bisa digunakan oleh para pelanggan untuk mengetahui apakah nomor kartu yang telah sukses teregistrasi atau belum:

  • Cara pertama, pelanggan yang sukses nomornya didaftarkan, tidak akan dibanjiri SMS dari 4444. Atau jika masih mendapatkan sms dari nomor tersebut, berarti masih ada yang salah saat melakukan proses registrasi
  • Cara kedua, kamu bisa langsung datang ke gerai operator untuk melakukan pengecekan manual bila tidak menerima balasan setelah melakukan registrasi lewat SMS.
  • Cara ketiga, kamu bisa menghubungi Telkomsel lewat customer service melalui telepon maupun sosial media untuk bantu pengecekan proses registrasi nomor Telkomsel kamu. Bagi pelanggan Telkomsel, bisa melakukan pengecekan langsung melalui bantuan call center dengan nomor 08071811811.

Banyaknya alasan mengapa pengguna tidak menerima balasan SMS setelah mendaftarkan nomor, bisa jadi karena salah memasukkan angka, nomor KK ganti, atau NIK atau KK yang di blokir Dukcapil karena data ganda.

Sebagai info, jika kamu tidak segera melakukan registrasi kartu hingga batas waktu yang ditentukan, maka kartu kamu dapat dikenakan pemblokiran bertahap hingga nomor diblok total.

Cara UNREG Kartu Telkomsel

Telkomsel yang terkenal sebagai sebagai salah satu operator telekomunikasi seluler terbaik di Indonesia juga menyediakan layanan unreg kartu SIM bagi para penggunanya.

Jika kamu tak ingin lagi menggunakan kartu Telkomsel karena ingin pindah provider maupun alasan lainnya, kamu bisa kok melakukan UNREG.

Jika kamu masih kebingungan untuk melakukan unreg kartu, berikut ini ada dua cara yang bisa kamu gunakan:

UNREG Kartu Telkomsel Melalui SMS

  • Ketik UNREG#NomorKK
  • Contoh : UNREG#1232245625578910
  • Kirim SMS ke nomor 4444
  • Selanjutnya kamu akan mendapatkan SMS balasan terkait status permohonan unreg kartu kamu dari operator.

UNREG Kartu Telkomsel Menggunakan Kode USSD

  • Hubungi *# kemudian pilih menu UNREG
  • Masukkan 16 digit nomor KK

Dengan informasi di atas, jangan lagi lupa untuk segera registrasi kartu sim Telkomsel kamu ya! Jika gagal, ada banyak cara lain yang bisa dicoba.

Selain itu kamu juga bisa menghubungi customer service Telkomsel maupun akun sosial medianya untuk meminta bantuan.

Jangan lupa untuk ikuti terus Taugadget untuk mengetahui lebih banyak rekomendasi aplikasi hingga berbagai tutorial dan gadget terbaru ya!

Artikel Terkait