Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

Nuraini

Flashdisk masih jadi salah satu media penyimpanan portabel yang masih banyak digunakan saat ini. Terutama bagi pelajar yang sering menyimpan berbagai file penting. Namun flashdisk pun tak lepas dari berbagai masalah; mulai dari tidak bisa terbaca di laptop / PC, terkena virus dan sebagainya.

Menghapus file secara tidak sengaja di flashdisk juga mungkin sering terjadi. Selain itu, ada juga virus yang bisa membuat file terhidden yang bisa buat kamu panik. Apalagi jika file yang terhapus adalah file penting.

Berbeda dengan file yang terhapus di laptop, kamu masih bisa mencarinya di folder Recycle Bin. Tapi jika sudah terhapus dari flashdisk, maka tidak ada folder cadangan untuk mencari data yang hilang. Tapi tenang, kamu bisa mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tersebut kok!

Cara Cek Hidden Folder

Pertama-tama, kamu bisa memastikan terlebih dahulu apakah file tersebut benar-benar terhapus dari flashdisk atau hanya ‘disembunyikan’ oleh virus dalam hidden folder.

Cara mengecek hidden folder di flashdisk kamu adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan flashdisk kamu ke USB port PC / laptop
  2. Tekan bersamaan tombol Windows + E, klik tab Organize yang ada di kiri atas, kemudian pilih Folder and Search Options
  3. Klik tab View > Hidden Files and Folders > Show Hidden Files, Folders and Drives, klik Apply
  4. Lihat drive flashdisk kamu, apakah data yang hilang telah muncul atau belum.

File hidden biasanya akan dimunculkan dalam warna abu-abu. Jika ada file seperti ini, kamu bisa menampilkan file tersebut kembali. Berikut caranya:

  1. Klik kanan pada file abu-abu yang ingin kamu tampilkan
  2. Pilih properties
  3. Pada jendela baru Properties, hilangkan centang pada kolom Hidden lalu klik OK

Jika sudah melakukan langkah-langkah ini, maka file yang awalnya tersembunyi tadi kini sudah muncul di flashdisk kamu. Namun jika sudah melakukan cara di atas tetapi tetap tidak ada file yang dicari, maka kamu bisa melakukan cara-cara di bawah ini.

Begini Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

Nah, Jika dengan melakukan cara di atas file yang kamu butuhkan masih belum muncul, kamu bisa lakukan cara-cara berikut ini untuk mengembalikan file kamu yang hilang.

Berikut Taugadget punya informasi 2 cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk yang bisa kamu coba.

1. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Dengan Command Prompt

Untuk cara yang pertama, kamu bisa menggunakan Command Prompt yang ada di laptop / PC berbasis windows. Ini merupakan cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa software tambahan.

Langkah-langkah mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan command prompt adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan flashdisk kamu ke USB port PC / laptop
  2. Untuk membuka command prompt, tekan logo Windows + R. Akan muncul jendela kecil ‘Run’. Di kolom yang tersedia, ketik ‘cmd’
  3. Setelah jendela command prompt muncul, akan ada tampilan C:\windows\system32\cmd.exe lalu ketik CD dan tekan enter
  4. Kemudian ketik lokasi driver flashdisk kamu, misalnya F, maka ketikkan F: lalu tekan enter lagi
  5. Ketik ATTRIB *.* -S -H -R /S /D dan enter. Tunggu hingga prosesnya selesai

Jika proses ini selesai dan sukses, maka di flashdisk kamu akan muncul folder baru yang berisi file-file yang telah terhapus.

Langkah ini bisa dikatakan sedikit rumit karena banyak yang merasa tidak familiar dengan command prompt.

Jika kamu tidak berhasil atau tidak ingin repot menggunakan cara ini, kamu bisa melakukan cara berikutnya untuk mengembalikan file flashdisk yang terhapus.

2. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Dengan Aplikasi Recovery Data

Cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan aplikasi recovery data.

  1. Instal aplikasi recovery data yang ingin kamu gunakan. Setelah selesai instal, buka aplikasi tersebut
  2. Masukkan flashdisk kamu ke USB port PC / laptop
  3. Pilih lokasi flashdisk kamu
  4. Cari kotak atau tombol Scan atau Recover untuk mencari file yang terhapus atau hilang dari flashdisk
  5. Tunggu hingga proses scan atau recovery selesai. File-file yang terhapus akan muncul di flashdisk kamu

Rekomendasi Aplikasi Recovery Data untuk Kembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Saat ini ada banyak aplikasi recovery data yang bisa kamu temukan di internet. Pasti sangat melelahkan jika harus mencari mana aplikasi atau software terpercaya yang bisa bantu kamu mengembalikan file penting yang terhapus di flashdisk. Belum lagi ada banyak website mirror yang memberikan link download aplikasi yang seringkali disisipi virus atau malware.

Nah, untuk menghemat waktu dan tenaga kamu, berikut Taugadget berikan rekomendasi aplikasi recovery data plus link download resminya agar kamu bisa mendapatkan kembali file yang hilang di flashdisk.

1. EaseUS Data Recovery

Aplikasi data recovery ini tidak hanya bisa mengembalikan file yang hilang di flashdisk, tetapi juga di media penyimpanan lainnya seperti harddisk, SD card dan sebagainya.

Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah. Setelah di instal, buka dan jalankan aplikasi ini untuk melakukan scan pada flashdisk kamu. Setelah selesai scan, pilih file yang ingin kamu recovery lalu klik tombol Recover. Tentukan dimana kamu ingin menyimpan file tersebut dan selesai! File kamu yang ‘sempat hilang’ pun kini sudah bisa diakses kembali.

Download EaseUS Data Recovery

2. Recuva

Aplikasi yang satu ini termasuk yang populer untuk urusan mengembalikan file yang terhapus. Recuva dapat mengembalikan berbagai jenis file, mulai dari dokumen, musik, video dan sebagainya. Aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana, sehingga mudah dipakai bahkan untuk pengguna pemula sekali pun.

Download Recuva

3. PC Inspectory File Recovery

Sama seperti aplikasi sebelumnya, PC Inspectory File Recovery juga bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Aplikasi ini akan melakukan scan terhadap driver yang dituju (pilih driver flashdisk kamu), lalu jika sudah menemukan file yang ingin di restore, klik kanan lalu Save To untuk menyimpannya di laptop atau PC.

DownloadPC Inspector File Recovery

Nah itu tadi informasi mengenai berbagai cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk yang bisa kamu coba. Tapi ingat untuk tidak panik dan pastikan dulu jika file tersebut benar terhapus atau terhidden karena virus ya. Jika benar terhapus, maka kamu bisa mencoba cara-cara di atas.

Jangan lupa untuk ikuti terus Taugadget untuk mengetahui lebih banyak rekomendasi aplikasi, game Android dan iOS hingga berbagai tutorial dan gadget terbaru.

Artikel Terkait