Tutorial
Rahman
Diperbarui 04 Januari 2022

Cara Mengatasi HP Lemot Setelah Diupgrade

Cara Mengatasi HP Lemot Setelah Diupgrade

HP lemot setelah diupgrade merupakan suatu permasalahan yang seringkali dialami oleh pemilik smartphone. Kenapa bisa terjadi? Padahal menurut sistem, proses upgrade bisa meningkatkan kinerja sistem.

Perlu pengguna garis bawahi, ponsel juga harus mendukung dengan kualitas yang baik saat melakukan upgrade sistem. Artinya ponsel perlu punya spesifikasi yang bagus untuk melakukan hal tersebut.

Hanya melakukan upgrade pada sistem saja namun spesifikasi tidak mendukung malah akan membuat ponsel jadi lemot. Hal tersebut terjadi karena proses upgrade memakan memori internal.

Sehingga, apabila memori terkuras bisa membuatnya jadi semakin lemot bukan? Tidak perlu khawatir akan hal itu. taugadget akan bagikan tips khusus terkait dengan cara menangani HP lemot setelah diupgrade.

Cara Mengatasi HP Lemot Setelah Diupgrade

Seperti yang Anda tahu, bahwa HP bisa lemot sehabis diupgrade karena prosesnya memang memakan ruangan memori internal pada ponsel. Jadi, kapasitas memori yang penuh dapat berimbas pada performa ponsel yang akan melambat.

Lantas jika sudah terlanjur bagaimana solusinya? Coba simak ulasan berikut ini.

1. Hapus Berbagai Aplikasi yang Tidak Penting

Seperti yang Anda ketahui, alasan dari ponsel lemot sehabis upgrade sistem karena ruang memorinya tidak muat. Jadi, solusi dari permasalahan tersebut ialah bagaimana agar memori bisa luang kembali.

Solusi pertama yakni dengan melakukan penghapusan di berbagai aplikasi yang sudah tidak penting atau jarang sekali terpakai. Dengan begitu bisa mengurangi beban memori dan ruangan jadi lebih longgar.

Hapus juga aplikasi yang kapasitasnya besar, seperti game online Mobile Legends, Free Fire, dan lainnya. Mungkin untuk sementara waktu, hindari bermain game untuk melegakan performa ponsel Anda.

2. Bersihkan Cache pada Aplikasi

Cara lainnya ialah dengan menghapus cache yang tersimpan dalam sistem ponsel. Yang mana data tersebut ada karena aplikasi yang pengguna buka. Seseorang yang membuka aplikasi kemudian menutupnya pasti tidak akan terjadi loading lagi. Jadi, itulah fungsi cache yang sebenarnya membantu dan bagus untuk kinerja aplikasi. Namun jika membiarkan secara terus-terusan dalam jangka waktu tertentu bisa menumpuk dan memenuhi memori internal.

Sehingga perlu pengguna hapus dengan cara berikut ini. Buka pengaturan - buka aplikasinya - klik opsi penyimpanan dan pilih untuk menghapus cache atau hapus bagian memori.

3. Hindari Menggunakan Banyak Widget

Widget pada ponsel berfungsi untuk membantu pengguna melakukan percepatan pintasan ke aplikasi tertentu. Sehingga lebih mudah saat beraktivitas dan tentu bisa juga jadi tampilan yang lebih rapi dan bagus.

Tahukah Anda saat terlalu banyak menggunakan widget ternyata bisa berpengaruh terhadap kinerja ponsel Anda? Jadi usahakan tidak menggunakan widget yang terlalu banyak.

4. Lakukan Factory Reset

Langkah selanjutnya untuk mengatasi ponsel lemot sehabis upgrade bisa dengan melakukan factory reset. Factory reset akan membantu menghapus data dan file di dalam ruang penyimpanan internal Anda.

  1. Masuk ke menu pengaturan atau setelan pada ponsel;
  2. Klik reset pabrik atau kembali ke pengaturan awal;
  3. Ikuti petunjuk dan langkah selanjutnya.

Pastikan sudah membackup data sebelum melakukan factory reset. Pasalnya proses ini akan menghapus semua data tanpa kecuali, termasuk data penting Anda.

5. Ganti Ponsel

Langkah terakhir adalah dengan mengganti ponsel jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil. Hal tersebut pasti juga karena spesifikasi ponsel yang sudah tidak lagi mumpuni.

Mungkin juga ponsel pengguna sudah lama belum ganti. Jadi sebaiknya beli lagi ponsel dengan spesifikasi terbaru yang lebih mumpuni. Dengan begitu masalah bisa teratasi namun syaratnya harus punya budget untuk membelinya.

Maksimal penggunaan gadget ialah jangka 5 tahun, selebihnya biasanya akan hadir teknologi dan performa baru yang membuat ponsel lama tertinggal.

Itulah beberapa cara mengatasi HP lemot setelah diupgrade. Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu Anda.

Jangan lupa untuk ikuti terus taugadget untuk mengetahui lebih banyak rekomendasi aplikasi hingga berbagai tutorial dan gadget terbaru ya!

Artikel Terkait

Cara Mudah mengatasi HP Oppo Lemot

Cara Mudah mengatasi HP Oppo Lemot

Cara mengatasi HP Oppo lemot sebenarnya berkaitan dengan kapasitas RAM dan memori ponsel. Cara lebih cepatnya bisa mereset HP kembali ke pengaturan awal.

Lihat Selengkapnya
5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP

5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di HP

Tidak sengaja menghapus foto, video atau dokumen dari hp? Tenang, berikut ada 5 cara mengembalikan file yang terhapus di hp yang bisa kamu coba.

Lihat Selengkapnya
HP Oppo A16 Harga Murah Sensor Lengkap

HP Oppo A16 Harga Murah Sensor Lengkap

Oppo A16, ponsel rilis tahun 2021 yang memiliki harga terjangkau. Meski demikian, memiliki spesifikasi yang sudah mumpuni sesuai standar masa kini.

Lihat Selengkapnya
3 Cara Menggabungkan File PDF di Komputer, HP, Offline Maupun Online

3 Cara Menggabungkan File PDF di Komputer, HP, Offline Maupun Online

Menggabungkan file PDF adalah salah satu hal yang penting untuk kamu ketahui. Ini cara gampang menggabungkan file pdf secara online, offline, di komputer maupun HP.

Lihat Selengkapnya
Cara Mengedit Background Foto di HP dengan Aplikasi Gratis

Cara Mengedit Background Foto di HP dengan Aplikasi Gratis

Ingin mengganti background foto dengan mudah? Berikut ada 4 cara mengedit background foto di hp yang bisa kamu gunakan secara gratis nih!

Lihat Selengkapnya
Kode Rahasia HP Xiaomi Lengkap dan Fungsinya

Kode Rahasia HP Xiaomi Lengkap dan Fungsinya

Kode rahasia HP Xiaomi sering digunakan oleh para teknisi untuk menunjang perbaikan ponsel, namun bisa juga pengguna memanfaatkannya jika dibutuhkan.

Lihat Selengkapnya